Pages

28 FEBRUARI HARI GIZI NASIONAL

Kamis, 26 Februari 2015
                                                          BUDAYA HIDUP SEHAT


Lalu apa hubungannya dengan kita ??? yapp dalam rangka memperingati hari gizi nasional alangkah baiknya jika kita belajar bersama-sama tentang Giziii..... yaaa para pembaca yang setia~amin kita langsung saja yaa Cekidot...


Kebutuhan Gizi dan Akibat Kekurangan/Kelebihan Gizi                                                        
  1.  Hubungan Antara Makanan dan Kesehatan

             a) Manfaat Makanan

Tubuh manusia dapat tumbuh karena adanya zat yang berasal dari makanan. Oleh sebab itu,      untuk dapat melangsungkan hidupnya manusia memerlukan makanan. Zat yang diperlukan oleh          tubuh dan beraasal dari makanan itu desebut zat makanan/zat gizi. Enam macam zat gizi antara          lain:
                 1.    Hidrat Arang
                 2.    Lemak
                 3.    Protein
                 4.    Mineral dan Garam-garam
                 5.    Vitamin-vitamin
                 6.    Air
    Kebutuhan tubuh akan zat-zat gizi tidak apat dipenuhi hanya dengan satu atau dua macam           bahan makanan saja, krena pada umumnya tidak ada satu bahan makananpun yang mengandung       zat-zat gizi secara lengkap. Tiap-tiap bahan makanan mengandung zat-zat gizi yang berlainan, baik     dalam jumlah maupun macamnya. Dalam hal ini variasi makanan memegang peranan yang sangat       penting. Semakin beraneka ragam bahan makanan yang dimakan, makin sehat pula tubuh kita.                  Selain enam macam zatgizi tersebut, manusia memerlukan ula oksigen(zat asam). Zat ini             diperoleh pada waktu bernafas.dilihat dari segi ilmu gizi, makanan mempunyai tiga kegunaan            antara lain :
               1.      Membangun dan memelihara tubuh
               2.      Memberi tenaga kepada tubuh
               3.      Mengatur proses faali tubuh.
b. Pengaruh Gizi Terhadap Kesehatan Manusia
     Manusia sehat memiliki tubuh yang dapat berfungsi dengan baik. Dan da;am jarungan               tubuhnya tersimpan cadangan zat gizi yang cukup untuk mempertahankan kesehatannya.                   Cadangan zat-zat gizi akan digunakan apabila kebuttuhan tubuh akan zat-zat gizi sehari-hari tidak       terpenuhi. Sebaiknya, bila mengkonsumsi zat-zat gizi berlebihan maka elebihan tersebut akan            ditimbun dalam jaringan-jaringan tubuh dalam batas-batas tertentu. Apabila jaringan-jaringan             tubuh telah terlalu jenuh akan zat-zat gizi, maka kelebihan zat-zat gizi tersebut tidak dapat lagi          ditampung dan akan mengganggu proses-proses dalam tubuh. Dengan demikian, jelaslah, bahwa      kekurangan maupun kelebihan zat gizi akan menyebabkan kelainan-kelainan. Keadaan semacam      ini disebut gizi salah, baik berupa gizi kurang maupun gizi lebih. Sedangkan gizi baik terletak              diantara keduanya.
               1)   Perubahan-Perubahan Dalam Tubuh Akibat Gizi Salah :
          a) Pengurangan Cadangan
          b) perubahan-perubahan biokimiawi
          c) Perubahan-perubahan fungsi
          d) Perubahan-perubahan anatonik
   2) Pengaruh Gizi Terhadap Daya Kerja, Daya Tahan Pertumbuhan Jasmani & Mental
     a) PengaruH Terhadap Daya Kerja
     b) Pengaruh Terhadap Daya Tahan
     c) Pengaruh Terhadap Perumbuhan Jasmani dan Mental
    2. Pengetahuan Tentang Makanan Sehat
        A. Arti Makanan Sehat
                      Kekurangan maupun kelebihan zat-zat gizi dapat berakibat negatif terhadap kesehatan tubuh. Keadaan yang sempurna akan diperoleh apabila tubuh mendapat semua zat-zat gizi dalam jumlah yang cukup sesuai kebutuhan dan dalam perbandingan yang seimbang.
Oleh sebab itu makan sehat sering disebut makanan seimbang. Artinya didalam menu atau susunan hidangan sehari-hari mengandung semua zat-zat gizii yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang memenuhi kebutuhan, dan tiap-tiap zat gizi dalam perbandingan yang sesuai atau seimbang satu dengan lainnya. Disamping hal-hal yang menyangkut mutu gizi, makanan sehat harus pula bebas dari kuman-kuman atau zat-zat yang dapat menyebabkan penyakit. Oleh sebab itu berbicara tentang     makanan sehat, selain mutu gizi, faktor kebersihan makanan perlu pula mendapat perhatian.
B. Guna Zat-zat Gizi Sesuai Dengan Fungsinya
Zat-zat gizi dapat digolongkan menjadi tiga, antara lain sebagai berikut :
   1. Zat Tenaga : Hidrat Arang, lemak, dan protein.
   2. Zat Pembangun : protein, mineral, dan protein.
   3. Zat Pengatur : Vitamin, mineral, protein dan air
Dari penggolongan tersebut dapat dilihat bahwa beberapa zat gizi mempunyai fungsi leih dari satu . Misalnya, protein dapat berfunngsi sebagai zat pembangun, zat tenaga, maupun zat pengatur. Demikian pula dengan mineral dan air dapat berfungsi sebagai zat pembangun maupun zat pengatur. Demikian pula dengan mineral dan air dapat berfungsi sebagai pembangun maupun zat pengatur.



   3. Pengetahuan Tentang Gizi Salah
Gizi salah adalah suatu keadaan yang disebabkan ketidak seimbangan antara jumlah zat-zat gizi yang        dikonsumsi dan jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh. Termasuk golongan ini ialah : penyakit-penyakit gizi        lebih dan penyekit-penyakit gizi kurang.
      *Penyakit-penyakit Gizi Kurang, antara lain sbb :
       A) Kurang Kalori Protein
                   Kekurangan protein biasanya disertai dengan kekurangan kalori. Penyakit akibat kekurangan                 kalori dan protein disebut kurang kalori protein atau terkenal istilah (KKP) Kurang Kalori Protein.                 Penyakit ini banyak menimpa gplongan anak, terutama anak-anak yang berumur kurang dari 5 tahun.             Akibat yang sangat merugikan dari Kurang Kalori Protein ialah anak menjadi kurang lincah, lemas,              dan malas, tidak cerdas, dan sering jatuh sakit. Tanda khas yang mendahului gejala-gejala KKP                    adalah terganggunya pertumbuhan ana. Pada tingkat berat kita mengenal 2 bentuk KKP, yaitu                      ‘Kwashiorrkor’ dan ‘Marasmus’. Kwashiorkotr terutama disebabkan oleh kekurangan protein,                    sedangkan Marasmus terutama akibat kekurangan kalori.
     1. Kwashiorkor
  a) Tanda-tanda Yang Khas
                    1) Bengkak, terutama kaki dan tangan,
                    2) Berat badan kurang, dilihat dari umurnya,
                    3) Muka sembab
                    4) otot-otot Kendor
                b) Tanda-tanda Yang Biasa Menyertai
                    1) Rambut tipis, Kulit kusam,
                    2) Pucat, karena kurang darah (anemia),
                    3) Berak encer
                    4) Kulit Pecah Mengelupas
                    5) Gejala Kurang Vitamin A,
                    6) Pembesaran hati,
     2. Marasmus
                a) Tanda-tanda Yang Khas 
                   1) Sangat Kurus, tinggal tulang terbungkus kulit,
                   2) Wajahnya seperti orang tua,
                   3) Kulitnya keriput,
                b) Tanda-tanda Yang Biasa Menyertai
                   1)Pucat karena anemia
                   2) Berak encer
                   3) Dehidrasi (banyak kehilangan cairan tubuh)
   4) Gejala Kurang Vitamin A, dan lainnya
B. Kurang Vitamin A
Vitamin A merupakan salah satu masalah gizi utama di Indonesia. Penyakit ini banyak menimpa anak-anak balita. Gejala utama Vitamin A tampak pada gangguan penglihatan. Buta senja adalah gejala dini dari kekurangan vitaminn A, yaitu mata kurang dapat menyesuaikan diri pada perubahan cahaya terang dan sebaliknya. Pada tingkat berat akan terjadi kelainan anatomik.
Selaput bening mata (cornea) menjadi kering, kemudian lama kelamaan menjadi rusak yang berakhir dengan kehancuran bola mata, sehingga mata menjadi buta sama sekali.. Tingkat kelainan yang berat ini dinamakan Karatomalacia.
Selain mengakibatkan gangguan terhadap penglihatan, kekurangan vitamin A akan menyebabkan juga keterlambatan pertumbuhan, pengeringan epetil kulit, dan pengeringan kelenjar air mata. Mengkonsumsi vitamin A berlebihan dapat menimbulkan akibat yang kurang baik, yang disebut keracunan vitamin A.
C. Kurang vitamin B 1 (thiamine)
Vitamin B 1 berfungsi dalam metabolisme hidrat arang. Gejala-gejala awal dari kekurangan vitamin B 1, antara lain kurang nafsu makan, sukar buang air besar, rasa lelah, dan sukar tidur. Kekurangan vitamin B 1 tingkat berat akan menyebabkan penyakit beri-beri.
       D.   Kurang Vitamin B 2 (riboflavine)
Gejala kekurangan riboflavine biasanya terdaat persamaan dengan gejala kekurangan vitamin B lainnya.  Tanda-tanda Yang Khas ialah bibir kering pecah-pecah,  juga pecah-pecah pada sudut mulut, radang pada lidah, kulit sekitar hidung kering dan kasar berbintik-bintik.
E. Kurang Niacin
Tubuh manusia dan hewan menyusui dapat membuat niacin dari asam amino tryptophan . Penyakit akibat kekurangan niacin disebut pellagra. Gejala-gejala pellagra dikenal dengan istilah “3 D”, yaitu singkatan dari Diare, Disentri, dan Dimensia.
F. Kurang Vitamin C
Penyakit yang disebabkan kurang vitamin disebut scorbut (sariawan), dengan gejala-gejala yang lazim, antara lain adalah perdarahan dibawah kulit sehingga tampak bercak-bercak hitam kemerah-merahan, gusi bengkak, kemerahan, dan mudah berdarah.
G. Kurang Vitamin D
Kurang vitamin D akan menyebabkan penyakit yang disebut rachitis, yaitu kelainan-kelainan pada pertumbuhan tulang. Penyakit ini terdapat pada anak-anak yang masih kecil. Tanda-tanda kekurangan vitamin D ialah tulang-tulang panjang menjadi bengkak, pertumbuhan gigi terlambat. Kelebihan vitamin D akan menyebabkan keracunan yang memberi efek antara lain : tulang menjadi rapuh, karena zat kapur dan fosfor diserap keluar dari tulang-tulang.
H. Kurang Vitamin E
Kekurangan vitamin E akan menyebabkan kemandulan dan kelainan pada jantung. Pengaruhnya terhadap keadaan gizi manusia hingga sekarang masih belum dapat diketahui dengan pasti.
H. Kurang Vitamin K
Vitamin K diperlukan untuk pembuatan protommbin, sesuatu yang diperlukan untuk pembekuan darah. Oleh sebab itu kekurangan vitamin K akan mengakibatkan hambatan pada proses pembekuan darah. Pada operasi atau luka-luka, misalnya, akan mudah terjadi pendarahan 







Nahh udah tambah pinter dong sekarang pastinya. jadi mulai sekarang, kita harus lebih baik dalam menjaga kesehatan kita. Karna sehat itu mahal harganya, Sekian semoga bermanfaat dan terimakasih :D Jangan lupa like and comments yaa guys,,,,




   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar